Kehamilan tentu menjadi dambaan setiap wanita yang sudah berkeluarga, tetapi kehamilan tentu merupakan sebuah proses yang tidak bisa didapatkan tanpa usaha. Salah satu cara paling tepat untuk mendapatkan keturunan adalah melakukan hubungan suami istri saat masa subur wanita. Dengan mengetahui periode tersebut, peluang untuk mendapatkan anak menjadi lebih besar.

Tentunya, kehadiran buah hati merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri sebagai pelengkap kehidupan rumah tangga. Tanpa kehadiran anak, kehidupan berumah tangga antara suami istri akan menjadi hambar tentunya. Tidak sedikit pasangan suami istri yang kesulitan mendapatkan keturunan meskipun sudah menikah selama bertahun-tahun. Namun, keinginan ini seringkali tidak bisa terwujudkan karena kurangnya pengetahuan mengenai kehamilan tersebut.

Salah satu kesalahan yang diabaikan adalah ketidaktahuan mengenai cara menentukan atau mengetahui masa subur wanita. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memprediksi periode tersebut dan tentunya meningkatkan peluang untuk mendapatkan keturunan dengan lebih cepat.  Dengan menerapkan cara mudah berikut ini, kehamilan bisa lebih mudah untuk didapatkan.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Metode mudah pertama yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur wanita adalah mengukur temperatur basal tubuh. Salah satu faktor pembeda yang menjadi tanda masa subur adalah perbedaan suhu basal tubuh.

Perbedaan temperatur ini mungkin tidak bisa dirasakan dengan mudah, tetapi Anda harus menggunakan termometer sebagai alat bantu untuk mengetahui perbedaan tersebut. Suhu tubuh normal mencapai 35 atau 36 derajat Celcius. Jika wanita memasuki masa subur, suhu tubuhnya bisa naik 1-2 derajat Celcius dan perbedaan tersebut bisa dilihat dengan jelas melalui termometer.

Kenaikan suhu tubuh ini tentunya disebabkan oleh perubahan fisik pada tubuh wanita, terutama pada hormon progesteron. Dengan kata lain, meningkatnya suhu tubuh saat memasuki masa subur tidak ada kaitannya dengan penyakit tertentu karena perubahan tersebut merupakan siklus alamiah yang lazim terjadi. Saat mengalami masa ovulasi, suhu tubuh naik cukup signifikan dibandingkan suhu tubuh dalam keadaan normal. Dengan menggunakan perubahan temperatur tubuh sebagai patokannya, tidak sulit untuk menentukan masa subur.

Metode kedua yang cukup mudah untuk diterapkan adalah menggunakan sistem kalender. Anda bisa memantau masa subur berdasarkan siklus haid yang dialami setiap bulannya. Namun, metode ini mempunyai kelemahan jika diterapkan untuk siklus haid yang tidak teratur.

Cara menghitung masa subur wanita bisa ditentukan dengan patokan hari pertama menstruasi terjadi. Masa subur biasanya terjadi 2 minggu setelah haid pertama tersebut.

Hari pertama haid adalah patokan awal yang Anda gunakan dalam sistem kalender ini. Di hari 6 sampai 11 setelah hari pertama siklus haid tersebut, tubuh secara otomatis mempersiapkan sel telur. Biasanya masa subur terjadi pada hari ke 12-18 dan peluang untuk mendapatkan keturunan menjadi lebih besar jika hubungan suami istri dilakukan di periode tersebut. Jika Anda melakukan hubungan di hari 19 sampai 32, kemungkinan untuk mendapatkan keturunan sangatlah kecil. Jadi, lakukan hubungan suami istri kira-kira dua minggu setelah hari pertama dari siklus haid tersebut.

Metode ketiga adalah melakukan pengecekan pada lendir leher rahim. Disamping perubahan suhu tubuh, masa subur wanita bisa diketahui dengan mudah dengan metode ini. Cara ini memang cukup sederhana dan tidak membutuhkan alat bantu, tetapi diperlukan kejelian lebih untuk menerapkan metode sederhana ini. Faktor yang perlu Anda perhatikan dari lendir tersebut adalah tingkat keencerannya. Saat wanita memasuki masa ovulasi, lendir menjadi lebih encer dan tentunya perubahan sifat ini bisa dilihat dengan mudah. Untuk mengetahui perbedaan tingkat keenceran dari lendir tersebut, Anda bisa merekatnya antara telunjuk dan jempol. Lalu, buat jarak kurang lebih 2 atau 3 cm dengan kedua jari tersebut. Jika lendir tersebut terputus, Anda tidak mengalami masa subur. Namun, masa subur bisa terjadi jika lendir tersebut tidak terputus. Namun, salah satu kekurangan dari metode ini adalah tingkat keakuratannya. Jika Anda melakukannya sendiri tanpa pengetahuan yang memadai mengenai kehamilan, keakuratan metode ini mencapai 60 atau 70 persen.

Metode keempat adalah metode yang bisa digunakan dengan lebih mudah dan akurat karena menggunakan alat tes masa subur. Anda bisa menemukan alat ini dengan mudah di apotek terdekat dan tingkat keakuratan alat ini memang terbukti lebih baik daripada metode lainnya. Dengan tingkat keakuratan mencapai 90-95%, alat ini memberikan solusi lebih tepat untuk mengetahui masa subur wanita. Dengan menggunakan alat ini, Anda tentu bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat dibandingkan metode lainnya.

Anda bisa memilih satu antara keempat pilihan metode tersebut untuk mengetahui masa subur wanita dengan mudah, tepat, dan murah tentunya. Terlepas dari pilihan metode yang Anda gunakan, Anda tentu harus mengkonsultasikannya kepada dokter yang mempunyai kompetensi maupun keahlian dalam bidangnya.

Hasil pengukuran masa subur belum tentu akurat jika Anda melakukannya sendiri karena tidak ada metode yang mampu memberikan tingkat keakuratan 100%. Dengan menerapkan salah satu metode tersebut, Anda bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk mendapatkan keturunan. Intensitas maupun kualitas dari hubungan suami istri juga memperbesar peluang agar bisa cepat hamil.

Idealnya, hubungan tersebut bisa dilakukan tiga sampai empat kali dalam seminggu tentunya untuk memperbesar peluang mendapatkan keturunan. Kuallitas hubungan suami istri juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan posisi yang tepat untuk memperbesar peluang sperma membuahi sel telur. Kehamilan tidak bisa didapatkan tanpa usaha dan pengetahuan yang memadai tentunya.

Melakukan hubungan suami istri pada saat wanita memasuki masa subur hanyalah salah satu tips untuk mendapatkan peluang kehamilan lebih besar. Selain menerapkan metode tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pasangan suami istri. Faktor kesehatan menjadi faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Untuk mendapatkan kehamilan dan hubungan suami istri yang lebih berkualitas, kesehatan tetap perlu dijaga. Dengan tubuh yang lebih sehat, kehamilan lebih mudah didapatkan.

Selain itu, wanita membutuhkan kesehatan prima dan nutrisi lebih banyak saat memasuki masa kehamilan karena kebutuhan terhadap nutrisi tentu lebih besar. Untuk menjaga kesehatan tetap prima bagi setiap pasangan, makanan makanan bernutrisi dan berolahraga secara teratur perlu dilakukan. Tanpa kesehatan yang prima, peluang untuk hamil menjadi sangat kecil. Faktor kesehatan seringkali terlihat dari kondisi fisik seseorang. Orang dengan tubuh terlalu kurus atau mengalami obesitas seringkali dikaitkan dengan kondisi fisik yang tidak sehat. Tubuh kurus identik dengan kurangnya nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Obesitas dikaitkan dengan kesalahan dalam mengatur pola makan.

Kesimpulannya, setidaknya ada empat metode sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui atau mengukur masa subur wanita. Keempat metode tersebut meliputi pengukuran perubahan suhu tubuh, sistem kalender, pemeriksaan lendir pada leher rahim, dan penggunaan alat tes kehamilan yang dijual di apotek. Anda bisa menerapkan salah satu metode tersebut sebagai referensi untuk menentukan saat yang tepat dalam melakukan hubungan suami istri.

Baca juga tentang Cara Cepat Hamil

Bunda suka dengan artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Cepat Hamil Setelah Haid. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita, dengan URL : http://www.madupenyuburpria.com/cara-menghitung-masa-subur-wanita-2/