Memiliki momongan merupakan sesuatu yang sangat di inginkan oleh pasangan suami istri. Tapi kerap timbul masalah yang menyertai kehidupan berpasangan, khususnya bagi mereka yang belum dikaruniai anak meskipun usia pernikahan yang tergolong lama. Kebanyakan dari pasangan kurang mengetahui dengan yang dinamakan masa subur, sehingga walaupun melakukan hubungan pasutri berkali-kali namun tidak membuahkan hasil sesuai yang di inginkan. Penting bagi pasangan suami istri mengetahui hal ini karena erat kaitanya dengan mempercepat proses kehamilan.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Seperti yang di jelaskan oleh konsultan seks dokter dr. Vanda Mustika, beliau menerangkan bagaimana cara menghitung masa subur. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat tanggal berapa hari pertama siklus menstruasi anda setiap bulanya. Dari hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi bulan berikutnya merupakan satu siklus menstruasi, lamanya bervariasi antara 20-40 hari.

Kurang lebih sekitar 14 hari sebelum hari pertama menstruasi untuk kali berukutnya, akan mengalami yang dinamakan masa ovulasi atau yang biasa disebut lepasnya sel telur, ini merupakan siklus pertengahan menstruasi.  Sebagai acuan, semisal anda mengalami siklus menstruasi selama 28 hari (tanggal menstruasi selalu maju 2 hari), jadi masa ovulasi anda sekitar hari ke 14 setelah hari pertama menstruasi. Tetapi siklus ini terkadang bias maju atupun mundur, begitu pula dengan sperma yang dapat bertahan hidup dalam tubuh selama 1-2 hari. Jadi kesimpulanya pasangan suami istri memiliki waktu sekitar 4 hari melakukan hubungan pasutri untuk kemungkinan besar mengalami kehamilan.

Jika anda mengalami kesulitan dalam menghitung masa subur, ada alternatif cara lain yakni dengan melihat tanda-tanda fisik sebagai penanda masa subur. Caranya yaitu dengan mengukur suhu tubuh menggunakan thermometer setiap pagi setelah bangun tidur karena pada rentan waktu itulah yang dinamakan suhu basal akan Nampak. Catatlah dalam sebuah buku setiap harinya, Anda akan mendapatkan suhu basal tubuh yang relative sama setiap harinya. Pada saat ovulasi, suhu basal tubuh akan mengalami sedikit penurunan yang akan naik kembali setelah aktivitas. Penanda fisik yang kedua adalah keluarnya lendir vagina yang encer dan banyak, lender tersebut tidak akan lepas bila kita pisahkan dengan dua buahj ari.

Dengan melihat kalender masa subur dan penanda keluarnya lendir yang banyak dan encer, disitulah saat yang tepat melakukan hubungan suami istri (seksual). Masa subur juga dapat diketahui menggunakan alat ultrasonografi (USG) tranvaginal melalui pemeriksaan dokter. Alat tersebut akan menunjukan ukuran folikel-folikel di indungtelur, sehingga memudahkan mengetahui kapan folikelt ersebut akan pecah dan mengeluarkan seltelur.

Cepatnya proses kehamilan juga mutlak karena pengaruh sperma. Konsentrasi sperma dalam air mani serta tingkat kecacatan sperma sangat berpengaruh terjadinya pembuahan. Untuk menghindari hal itu, usahakan suami untuk tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, aturlah posisi duduk yang baik dan benar terutama pada kondisit empat yang panas sedikit diperlama. Selain itu, merubah pola hidup dengan mengonsumsi buah-buahan dan antioksidan guna memperbaiki kualitas sperma.

Masa ovulasi merupakan saat yang tepat untuk melakukan hubungan pasutri, karena pada saat ovulasi kualitas sperma yang dihasilkan cukup baik. Setelah melakukan hubungan seksual, usahakan jangan buru – buru  bangkit, ganjal pinggul dengan bantal agar sperma tertahan di sekitar Rahim. Kualitas fisik juga perlu diperhatikan, karena kehamilan yang baik dipengaruhi oleh tubuh yang sehat dan pasokan oksigen yang lancar. Penjelasan di atas merupakan penjelasan umum terkait mempercepat proses kehamilan, jika cara di atas telah anda lakukan namun dalam batas waktu satu tahun anda belum dikaruniai anak, segeralah memeriksakan diri kedokter, tidak menutup kemungkinan terjadi kelainan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara menghitung masa subur wanita, baca juga manfaat madu bagi penyubur kandungan

Bunda suka dengan artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita, dengan URL : http://www.madupenyuburpria.com/cara-menghitung-masa-subur-wanita/