Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Pada wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur, mungkin bisa menghitung seperti berikut:

  • Mencatat kapan anda mulai haid
  • Mencatat kapan berakhirnya
  • Menghitung berapa hari masa haidnya setelah mencatat awal dan akhir menstruasi
  • Lakukan itu selama enam bulan

Setelah melakukan itu semua, menghitung masa subur anda baru bisa dimulai, untuk mengetahui awal masa suburnya, tinggal cari siklus terpendek selama enam bulan tadi kemudian dikurangi 11.

Menghitung Masa Subur Wanita Setelag Haid

Untuk menghitung akhir masa suburnya, cari hari terpanjang dalam catatan anda, kemudian jumlah itu dikurangi dengan 18, maka hasil dari pengurangan itu akan menjadi hari terakhir anda mengalami masa subur. Dan sekarang sudah bisa ditentukan apakah anda dalam masa subur atau tidak, sedangkan untuk yang memiliki siklus teratur mudah saja menentukan awal dan akhirnya masa subur, awal masa suburnya jatuh pada hari ke 14 mulai dari hari pertama menstruasi dan berakhirnya masa subur yaitu jatuh pada hari ke 16.

Menghitung Masa Subur

Perhitungan untuk mengetahui masa subur sangatlah diperlukan terutama bagi kita yang sedang menjalani program kehamilan.
Sperma akan berhasil membuahi sel telur atau akan terjadi ovulasi jika sel telur memang benar-benar matang (subur) sehingga siap untuk dibuahi oleh sperma. Perhitungan masa subur wanita akan dimulai dari hari pertama ia mengalami menstruasi.

Menghitung Masa Subur

Tidak dilakukan pada wanita saja, namun pria juga memiliki masa subur, bedanya masa subur pria perhitungannya tidak serumit wanita yang terbagi menjadi dua yaitu wanita yang memiliki siklus haid teratur dan yang tidak teratur.

Pada seorang pria masa suburnya terjadi pada pagi hari sekitar pukul 04.00 sampai 07.00, juga terjadi 3-7 hari setelah sperma keluar dari organ reproduksi, masa suburnya sperma akan lebih bertahan lama pada suhu yang dingin.

Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Masa subur seorang wanita terjadi setelah menstruasi dan beberapa cara untuk mengetahuinya, yang akan di bahas adalah mengetahui masa subur setelah menstruasi dengan menggunakan perhitungan sistem kalender.

Siklus haid seorang wanita yang terpendek umumnya 21 hari sedangkan siklus terpanjang 35 hari, mudah saja menghitung masa subur pada wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang teratur setiap bulannya, hari pertama menstruasi sama dengan hari pertama perhitungan hari untuk menentukan masa subur sedangkan untuk masa subur sendiri berkisar mulai hari ke 12 sampai hari ke 16.

Masa Subur Wanita Setelah haid

Siklus menstruasi seorang wanita yang tidak teratur akan berbeda lagi cara penghitungannya, yaitu harus mencari terlebih dahulu siklus terpendek dan terpanjang menstruasinya selama 6 bulan minimal.

Waktu bertahan hidup sel telur dan sperma tidaklah sama, sel telur akan lebih cepat untuk mati dibandingkan dengan sel sperma.

Dan untuk mengetahui awal masa subur, siklus terpendek selama 6 bulan di kurang 18 dan siklus menstruasi terpanjang selama 6 bulan di kurang 11 akan menjadi hari terakhir masa subur anda.

Masa Subur Setelah Menstruasi

Apakah manfaat anda mengetahui masa subur? Atau perlukah kita tahu apa itu masa subur? Masa subur adalah keadaan saat sel telur seorang wanita sudah tiba masanya untuk di buahi. Nah, masa siap untuk dibuahi itu pun tidak berlangsung lama, hanya dapat bertahan selama 1-2 hari saja. Sedangkan sperma pria yang masuk ke dalam vagina sanggup bertahan lebih dari sel telur yaitu 2-3 hari saja.

Dengan batasan bertahan hidup keduanya, maka untuk mengetahui kapan masa subur itu sangatlah perlu, apalagi untuk mengetahui apa itu masa subur wanita. Setelah menstruasi, setelah selesai menstruasi sel telur wanita telah matang dan siap untuk dibuahi (semacam inilah yang dinamakan masa subur). Oleh karena itu, sperma seharusnya sudah siap di dalam karena ketahanan sel telur yang telah matang ini terbatas, jika sampai sel telur telah mati baru kemudian sperma datang, maka mustahil terjadi yang namanya pembuahan.

Masa Subur Setelah Menstruasi

Berhubungan suami istri sebaiknya di lakukan sebelum masa subur atau lebih sebelum sel telur mati, masa subur wanita yang haidnya teratur mudah saja penghitungannya, yaitu pada hari ke 14-16 yang dihitung mulai hari pertama ia haid.

Nah, jika sperma sudah masuk sebelum masa subur maka sperma akan tetap bertahan di dalam rahim yang kemudian akan setia menunggu sel telur yang belum siap hingga menjadi sel telur yang sudah matang dan segera menjalankan tugasnya untuk membuahinya.

Kemungkinan hamil akan semakin besar jika anda mengetahui masa subur dan berhubungan intim pada masa itu, juga tidak kalah penting yaitu tetap menjaga agar tubuh tetap sehat tidak hanya ibu tapi juga sang suami, kesehatan keduanya sangat berpengaruh akan keberhasilan kehamilan sang ibu.